Disperindag: Pasokan Migor di Jatim Aman

Rabu, 13 Juli 2011

Share this history on :
Surabaya (beritajatim.com) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) memastikan pasokan Minyak Goreng (Migor) di Jatim aman. Dari total produksi Jatim yang mencapai 761.309 ton pertahun, hanya berkurang 232.152 ton untuk konsumsi warga Jatim.

"Jadi kami masih punya stok 529.157 ton lagi dan biasanya itu dikirim ke luar provinsi Jatim. Secara produksi Jatim surplus kok," beber Arifin T Hariadi, Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Jatim, Jumat (18/2/2011).

Meskipun diakui Arifin memang sejak dua pekan lalu terjadi lonjakan harga Migor curah dari Rp 9.500 per Kg menjadi Rp 13.000 hingga Rp 15.000 di pedagang eceran. Naiknnya Migor curah itu dimungkin karena pasokan bahan baku CPO sawit yang terhambat sampai di Pabrik pengolahan CPO di Jatim.

"Gelombang besar, akhir-akhir ini membuat kapal pengangkut CPO dari Kalimatan ke Surabaya menjadi tersendat. Pengaruh melemahnya rupiah terhadap dolar juga sempat mempengaruhi harga pasar," jelasnya.

Namun, mulai Jumat (18/2) harga Migor sudah mulai beranjak turun, menjadi Rp 11.000 di pedagang grosir. Penurunan itu diharapkan mampu mengurangi beban masyarakat ditengah masih mahalnya harga sembako lainnya.

"Kami juga menghimbau agar para penyuplai Migor curah di pasar untuk tidak membatasi permintaan konsumen. Mengingat stok Migor curah masih banyak untuk konsumsi warga Jatim," tandasnya. [
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 komentar:

Posting Komentar